by

16 Istilah dalam asuransi kesehatan yang perlu anda ketahui

areakerja.my.id.  Kendati saat ini asuransi sudah sangat familiar ditelinga, ternyata sebagian banyak orang atau masyarakat belum terlalu mengerti berbagai macam istilah-istilah umum yang terdapat dalam asuransi. saat kita menggunakan Asuransi sendiri banyak manfaat yang terasa baik itu asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, maupun asuransi jiwa. Dalam pembangunan keuangan yang baik, asuransi menjadi salah satu pilihan dalam mewujudkan kesejahteraan finasial.

Bagi anda yang ingin melakukan asuransi atau menggunakan asuransi dan biar tidak bingung saat menggunakan asuransi, ada baiknya anda mengenali beberapa istilah yang ada pada asuransi kesehatan. Berikut ini informasi yang harus anda ketahui tentan istilah yang ada dalam asuransi kesehatan.
  1. Polis adalah perjanjian yang mengikat dan telah disetujui oleh kedua pihak yaitu pihak perusahaan asuransi serta pemegang polis secara tertulis.
  2. Agen adalah seseorang yang bekerja atau terikat dengan perusahaan asuransi, orang ini bertugas untuk mencari serta melayani pemegang polis.
  3. Bancassurance adalah Metode distribusi pada penjualan asuransi. target nasabah bank penyalur adalah nasabah itu sendiri dari bank tersebut.
  4. Bancatafakul adalah Metode distribusi pada asuransi syariah dimana penyalurnya merupakan bank syariah. Target nasabah bank penyalur adalah asabah itu sendiri dari bank tersebut.
  5. Copayment adalah biasanya sebesar 10% dari biaya tagihan perawatan atau Biaya yang dibayarkan ketika Anda melakukan klaim tagihan di rumah sakit.
  6. Klaim Asuransi merupakan sebuah Permintaan yang dilakukan seseorang secara resmi kepada perusahaan asuransi agar meminta kompensasi berdasarkan ketentuan perjanjuan asuransi atau ketentuan dalam polis.
  7. Penanggung adalah orang yang tercantum dalam polis asuransi secara sah untuk melakukan pembayaran premi atas polis  tersebut.
  8. Tertanggung sendiri adalah orang yang menerima manfaat dari polis tersebut yang secara sah tercantum dalam polis asuransi.
  9. Premi merupakan kewajiban bersumber dari pemegang polis asuransi untuk mebayar biaya, uang atau setoran  pada jangka waktu tertentu. Besarnya premi ditentukan atau yang dibayarkan telah ditetapkan oleh kebijakan serta persetujuan dari pihak perusahaan asuransi sesuai kondisi dari istilah “tertanggung”.
  10. Anuitas adalah Rangkaian Proses pembayaran dalam waktu tertentu atau jangka waktu tertentu, yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada para pemegang polis anuitas.
  11. Aktuaris merupakan seorang profesional yang memiliki pengetahuan serta telah menjalani berbagai pelatihan tentang  asuransi secara teknis, agar dapat memperkirakan besaran premi kepada calon nasabah.
  12. Risiko merupakah sebuah kerugian yang terjadi.
  13. Komisi adalah sesuatu yang dibayarkan kepada agen sebagai balas jasa pelayanan polis yang dilakukan.
  14. Masa Tenggang adalah premi masih dapat dibayar tanpa dikenai bunga dalam Jangka waktu setelah tanggal jatuh tempo premi dan dapat dipertanggungjawabkan.
  15. Masa Tunggu adalah polis asuransi dimana polis asuransi tidak menanggung biaya kesehatan istilah “tertanggung” sampai jangka waktu tertentu setelah polis diterbitkan pada periode ini.
  16. Proposal adalah informasi yang berkaitan tentang polis dan juga informasi mengenai manfaat polis yang akan ditawarkan atau diberikan ke calon nasabah.
Dengan anda memahami pengertian dari istilah asuransi kesehatan diatas, semoga dapat membantu anda dalam memahami istilah yang terdapat pada asuransi kesehatan. terima kasih dan sukses selalu.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *