by

4 Cara memahami asuransi kesehatan

Areakerja.my.id.  Saat ini beberapa kantor memiliki pelayanan asuransi BPJS kesehatan karena pihak pemerintah mewajibkan setiap pegawai atau karayawan perusahaan tempat bekerja yang berada diarea kerja untuk dapat memiliki asuransi BPJS kesehatan. Selain BPJS Kesehatan milik pemerintah ada juga perusahan asuransi swasta yang menawarkan beberapa produk atau layanan asuransi kepada para pegawai atau karyawan.  berikut ini informasi 4 Cara memahami asuransi kesehatan yang disediakan bagi pegawai atau karyawan

1. Memahami Jenis Asuransi

Bagi anda seorang pegawai atau karyawan berada diarea kerja perlu bagi anda untuk memahami serta mencari tahu akan pelayanan asuransi yang telah diberikan kepada anda. Berikut ini informasi 4 (empat) cara memahami asuransi kesehatan yang disediakan oleh kantor atau perusahaan tempat anda bekerja.

Ketika anda memiliki asuransi dari kantor atau perusahaan tempat anda bekerja anda sebaiknya mencari tahu jenis asuransi yang anda miliki saat ini. Baik itu BPJS Kesehatan milik pemerintah atau perusahaan asuransi swasta anda bisa mencari tahu juga manfaat yang berikan, jangan anda tidak peduli akan hal yang menjadikan anda membayar tanpa mencari tahu asuransi yang digunakan. Ada beberapa poin penting yang harus anda ketahui contohnya adalah jumlah klaim asuransi serta fasilitas yang diberikan.

2. Memahami Prosedur Klaim

Banyak sudah contoh kasus atau kejadian dimana pemilik asuransi sangat susah melakukan klaim asuransi, maka dari itu perlu untuk anda mengetahu serta memahami prosedur klaim tersebut. sehingga ketika anda melakukan klaim anda akan mudah melewati prosedur klaim. anda berhak untuk memahami dengan jelas kepada pihak kantor atau perusahaan dalam hal ini yang telah bekerja sama dengan pihak asuransi.

3. Memahami Pelayanan 

Ketika anda sudah mengetahui bentuk jaringan kerjasama rumah sakit atau klinik dengan perusahaan asuransi, maka itu akan membantu anda ketika melakukan berobat. Pelayanan lain juga harus anda pahami baik itu fasilitas ataupun kemudahan ketika anda berobat.

4. Memanfaatkan Layanan Multi Asuransi

Saat ini pemilik asuransi sudah dapat menggunakan Program Coordination of Benefit, dimana hal ini dapat digunakan para masyarakat terlebih lagi karyawan ataupun pegawai, pemilik asuransi dapat menggunakan lebih dari satu layanan asuransi. Program ini dilandaskan kerjasama antara BPJS Kesehatan selaku pihak pemerintah dengan Asosiasi Asuransi Indonesia.

Akhir kata yang dapat disampaikan jangan tunda untuk memahami asuransi kesehatan yang telah disediakan untuk anda. karena dengan anda memahami maka akan memberikan manfaat untuk anda dikemudian hari.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *