by

Pengertian Polis Asuransi dan Fungsinya yang harus anda ketahui

Areakerja.my.id. Perkembangan asuransi dinegara indonesia bisa dibilang cukup baik dan disambut oleh sebagian masyarakat namun sebagian orang hanya mengenal asuransi saja tanpa memahami pengertian dari asuransi itu sendiri, dimana asuransi terdapat polis asuran serta fungsi nya. Asuransi bermacam, ada asuransi kesehatan, asuransi kendaraan mobil, asuransi kendaraan bermotor serta asuransi lainnya. Selain itu juga asuransi saat ini beragam jenis yang telah ditawarkan kepada calon nasabah. beberapa perusahaan asuransi menawarkan produk yang ditawarkan menjadi khusus seperti asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi jiwa, asuransi perjalanan serta asuransi propeti.

Ada baiknya sebelum anda memiliki asuransi pada kehidupan anda, anda harus memahami pengertian dari asuransi itu sendiri, sehingga dapat membantu anda bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan setelah anda memiliki asuransi. Berikut ini pengertian polis asuransi serta fungsinya yang harus anda ketahui.

Pengertian Polis Asuransi

Polis asuransi sangat penting, karena Polis Asuransi adalah bukti perjanjian tertulis antara kedua belah pihak yaitu pihak perusahaan asuransi yang disebut “penanggung” dan Nasabah yang disebut “tertanggung. Bukti perjanjian tertulis ini menjelaskan informasi segala kewajiban serta hak antara kedua belah pihak. Polis asuransi akan menjadi bukti yang bersifat tertulis secara sah dalam ketentuan atau perjanjian antara kedua belah pihak. Polis asuransi juga membuat ikatan atau terikat serta memiliki masing masing tanggung jawab yang harus dipenuhi dalam bukti perjanjian tertulis yang telah disepakati. Karena polis asuransi sangat penting, jadi anda harus memahami serta dituntung mengerti tentang fungsi keseluruhan dari bukti perjanjian tertulis yang telah disepakati.

Fungsi Polis Asuransi Nasabah (Tertanggung)

  • Menjadi Bukti Pembayaran Premi dimana hal ini diberikan oleh pihak asuransi
  • Menjadi Bukti untuk anda menuntut pihak asuransi jika kedepannya terjadi sesuatu hal yang tidak dinginkan
  • Menjadi Bukti tertulis atas jaminan berbagai penggantian kerugian atau resiko yang terjadi, dimana hal ini tertera atau tercantum dalam bentuk perjanjian tertulis dalam polis asuransi

Fungsi Polis Asuransi Perusahaan Asuransi (Penanggung) 

  • Menjadi Tanda Terima atau bukti mengenai biaya yang harus dibayarkan oleh nasabah
  • Menjadi Bukti atas jaminan yang harus dibayarkan saat klaim dimana hal ini saat klaim diajukan oleh nasabah
  • Menjadi Bukti atas tolakan atau menolak klaim yang diajukan nasabah apabila dalam hal ini klaim tersebut tidak dapat terpenuhi dalam persayaratan polis asuransi yang telah disepakati

Akhir kata saat anda memahami pengertian dan fungsi polis asuransi dapat membantu anda dalam menentukan atau memilih asuransi yang tepat bagi kehidupan anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *