by

4 Tahapan Klaim Asuransi Motor Kredit

Areakerja.my.id.  Saat ini beberapa orang telah memiliki kendaraan bemotor baik itu dibeli secara tunai atau secara kredit. Dibeberapa wilayah kota besar, kejahatan selalu ada, dimana terkadang beberapa orang menjadi korban. Salah satunya kejahatan pencurian bermotor yang saat ini marak terjadi dibeberapa wilayah indonesia khususnya daerah perkotaan yang ramai penduduk.  Ada beberapa kasus kejadian kehilangan atau pencurian motor kredit terjadi saat ini. Lalu kebanyakan orang bingung tentang asuransi kendaraan bermotor kredit. Perlu diketahui asuransi pada motor kredit merupakan asuransi TLO, yang mana artinya pihak leasing sudah bekerja sama dengan pihak asuransi. Jadi buat anda yang mengalami kejadian pencurian atau kehilangan motor anda tidak perlu khawatir selama anda memiliki asuransi. Anda cukup melapor ke pihak leasing agar pihak leasing meneruskan klaim asuransi ke pihak perusahaan asuransi yang telah bekerjasama dengan mereka. Adapun informasi 4 (tahapan) tahapan tata cara klaim asuransi kendaraan bermotor kredit adalah sebagai berikut.

1. Lapor ke leasing

Beberapa orang berpikir bahwa apabila mereka mengalami kejadian kasus pencurian mereka akan langsung melapor ke polisi. Namun apabila anda ingin mengklaim polis asuransi maka anda harus memberi tahu atau melaporkan ke pihak leasing. karena pihak leasing merupakan salah satu pihak pertama. Perlu diingat bahwa beberapa pihak leasing telah menentukan ketentuan batas maksimal pelaporan, maka dari itu jangan sampai anda melewati batas laporan tersebut. Tidak lupa juga anda harus menysiapkan beberapa dokumen seperti salinan fotokopi identitas KTP, SIM, STNK, serta kunci motor anda. Jadi buat anda yang mengalami kasus pencurian segera lapor ke pihak leasing.

2. Lapor ke polisi

Selanjutnya adalah melapor ke kantor wilayah polisi tempat kejadian kasus pencurian yang terjadi. Pastikan anda membawa dokumen (Surat Pengatar Pelaporan Kehilangan/Pencurian) dari pihak leasing. setelah itu anda akan mendapatkan (Surat Tanda Penerimaan Laporan) dari Kepolisian tempat anda melapor. Ingat Simpan dokumen ini karena nanti nya sewaktu-waktu diperlukan untuk klaim asuransi motor atas kejadian kasus pencurian yang anda alami.

3. Urus pemblokiran STNK

Salah satu syarat klaim asuransi motor akibat kehilangan atau pencurian adalah mengurus pemblokikan STNK dimana anda harus mengurus surat pemblokiran STNK di Wilayah POLDA tempat anda berada. Beberapa pengurusan terlihat rumit namun anda perlu bersabar.

4. Kembali ke pihak leasing

Setelah 3 point diatas dilakukan, anda dapat kembali lagi ke pihak leasing. Setelah itu anda dapat melanjutkan proses klaim. Selanjutnya adalah anda harus menunggu proses klaim tersebut untuk mendapatkan ganti rugi atau jaminan asuransi. Waktu Proses klaim asuransi berbeda beda, namun ada Beberapa pihak asuransi memakan waktu 2 sampai 3 minggu.

Akhir kata perlu dingat bahwa anda memang merupakan mengalami kejadian pencurian atau kehilangan kendaraan motor anda, karena apabila itu semua bohong maka proses klaim asuransi anda akan ditolak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *