by

Klaim Asuransi Kendaraan saat Kecelakaan

Areakerja.my.id.  Saat mempunyai kendaraan kita terkadang ditawarkan beberapa asuransi dengan segala manfaat yang ada. dalam hal ini asuransi kendaraan dimaksudkan menjaga kendaraan anda dari resiko finasial kendaraan yang ada pakai. bila terjadi sesuatu hal yang tak diingikan atau mengalami kecelakaan maka kendaraan yang memiliki asuransi kendaraan bisa diajukan proses klaim.  Saat ini banyak orang tidak atau bahkan sulit mengerti proses klaim kendaraan yang disebabkan oleh musibah atau kejadian kecelakaan yang tak diinginkan, berikut ini informasi yang telah dirangkum agar anda dapt mengetahui tahapan umum yang harus anda lakukan ketika mengajukan klaim asuransi yang terjadi oleh musibah atau kejadian kecelakaan yang tak diinginkan :

1. Pelaporan 

Langkah pertama dalam tahapan klaim asuransi kendaraan berupa mobil yang mengalami kejadian kecelakaan adalah melakukan proses pelaporan kepada pihak perusahaan pelaporan. Karena pelaporan ini memiliki batas waktu atau jangka waktu serta kententuan lain yang telah ditetapkan. Beberapa Pihak Asuransi memberikan batas maksimal pelaporan atas musibah atau kejadian kecelakaan dengan batas 3×24 jam setelah kejadian atau musibah terjadi. Setelah melapor, anda harus melengkapir laporan anda dengan memberikan detail bukti laporan dengan jelas, sebagai contoh Foto Kendaran mobil anda pasca kecelakaan yang sedang terjadi agar pihak asuransi mengetahui kondisi serta kerusakan yang terjadi pada kendaraan mobil anda pasca kecelakaan tersebut. Usahakan anda memberikan informasi yang jelas dan jujur serta tidak berbelit yang bisa mengakibatkan proses lebih lama. Bila terjadi kecelakaan diluar kota atau diluar wilayah anda mendaftar asuransi tersebut, anda dapat melaporkan ke kantor cabang terdekat agar pihak asuransi pusa bisa mendapat informasi yang lebih jelas dari anda.

2. Melengkapi Dokumen

Tahapan selanjutnya adalah anda harus melengkapi dokument agar anda bisa mengajukan klaim ke pihak perusahaan asuransi. Lengkapi dokumen yang telah disediakan dengan cara mengisi formulir klaim yang telah ditentukan oleh kententuan perjanjian polis asuransi. Memberikan Salinan Polis Asuransi merupakan salah satu menglenkapi dokumen karena itu bentuk identitas anda dan informasi perjanjian serta ketentuan polis asuransi. Lengkapi juga dengan surat keterangan laporan kecelakaan dari wilayah kepolisian tempat kejadian kecelakaan, tidak lupa juga lampirkan fotocopy Surat Izin Mengemudi (SIM) serta STNK kendaraan Anda.

3. Perbaikan Kendaraan

Tahapan berikutnya anda harus menunggu waktu dari pihak asuransi untuk melakukan survey klaim dengan melihat kondisi kerusakan atau kerugi kendaraan anda pasca kecelakaan. Tahap Perbaiki Kendaraan membutuhkan waktu yang cukup lama, agar anda dapat bersabar dalam hal ini. Ingat jangan pernah melakukan perbaikan kendaraan sendiri di bengkel sebelum ada informasi atau persetujuan terkait dari pihak perusahaan asuransi. karena ini menyebakan anda kehilangan klaim tersebut dan pihak perusahan asuransi tidak akan menanggung resiko tidak membayar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *